Sie befinden sich hier: Home
Pengukuhan SMPN 13 Bandung sebagai Sekolah OSS PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Friday, 15 January 2010 02:53

Setelah 4 bulan berlangsung kerjasama antara POSS ITB dan SMPN 13 dalam mewujudkan sekolah berbasis open source dengan tema sekolah yang mandiri dan menghargai legalitas dalam pemanfaatan perangkat TI, maka pada tanggal 30 Mei 2009 diadakan acara pengukuhan bagi SMPN 13 Bandung sebagai Sekolah OSS. Acara pengukuhan yang dilakukan setelah pelatihan Moodle di SMPN 13 dihadiri oleh Kepala POSS ITB, Dr. Ir.Benhard Sitohang dan Kepala SMPN 13 Bandung, Pak Suyanto Spd, M.M.Ucapan terima kasih disampaikan kedua belah pihak atas dukungan dan partisipasi dalam kegiatan ini. SMPN 13 Bandung menjadi sekolah perintis untuk sekolah tingkat menengah pertama yang memanfaatkan OSS sebagai perangkat lunak dalam lingkungan pendidikan walaupun masih terbatas pada lingkungan laboratorium komputer yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar TIK dan kegiatan ekstrakurikuler siswa.

 

Diharapkan dengan adanya SMPN 13 Bandung sebagai sekolah perintis OSS dapat membantu sosialisasi OSS terutama ke lingkungan pendidikan.Pengukuhan tidak berarti bahwa kegiatan ini akan berhenti disini,karena SMPN 13 belum 100% dapat dikatakan sebagai Sekolah OSS selama migrasi belum dilakukan sepenuhnya menggunakan perangkat lunak OSS untuk seluruh komputer yang ada di sekolah ini. Kemungkinan akan diadakan kegiatan lanjutan antara lain migrasi komputer di lingkungan tata usaha sehingga seluruh kegiatan administrasi sekolah dapat dilakukan dengan perangkat lunak yang legal. Hasil signifikan yang dicapai SMPN 13 adalah pemanfaatan LMS: Moodle untuk menyusun kurikulum bahan ajar dan memberikan tugas-tugas serta materi pelajaran bagi guru. LMS ini juga membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran yang diberikan di sekolah karena bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Untuk kedepannya dapat diintegrasikan dengan buku elektronik sekolah yang diluncurkan oleh Dinas Pendidikan Nasional.

Dalam kenyataannya memang masih banyak kekurangan dari pilot proyek Sekolah OSS, namun setidaknya langkah awal sudah ditempuh oleh POSS ITB bersama dengan SMPN 13 Bandung untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan secara kontinu, terutama dalam bidang TI, dengan harapan dapat menularkan ke dalam kehidupan nyata sehari-hari sehingga warga masyarakat dapat lebih menghargai intelectual property yang ada.

Last Updated on Friday, 15 January 2010 03:04